Translate

Friday, February 8, 2013

WISATA MINAT KHUSUS : KAWASAN KARST

Pegunungan seribu di kawasan selatan Jawa yang membentang dari Daerah Iatimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur ( kabupaten Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan )ternyata menyimpan potensi wisata yang cukup menarik. Kesan kering, tandus dan bahkan miskin lambat laun hilang dengan pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan pertanian dan perkebunan yang cocok untuk wilayah kapur ( karst ). Potensi lain yang terus digali adalah pengembangan pariwisata minat khusus karst yang dari wktu ke waktu terus mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan.

Sejarah geologi pegunungan seribu menurut seorang ahli geologi Dr. Tony Djubiantoro tterbentuk pada kala Miosen atau Pleistosen Tengah, pada jutaan tahun yang lampau. Menurutnya pada saat itu terjadi perubahan yang sangat spektakuler dimana dasar lautan di kawasan tersebut terangkat keatas karena terjadinya pergeseran lempeng bumi. Pendapat itu juga dikuatkan dengan penemuan fosil-fosil binatang laut, yang menguatkan keyakinan bahwa daerah tersebut dahulu merupakan dasar laut. Kawasan karst pegunungan seribu memiliki potensi geowiasata yang cukup menarik. Disamping pantai selatan yang terkenal indah, berpasir putih dan bertebing-tebing. Potensi lain adalah banyaknya goa-goa yang sudah berumur ribuan tahun yang konon merupakan tempat tinggal manusia purba Homo Sapiens. Tempat yang tidak kalah menarik adalah adanya sungai-sungai bawah tanah yang tidak terdapat di kawasan lain. Dan puncaknya adalah berdirinya musium karst di kecamatan Pracimantoro, Wonogiri yang akan sangat membantu menambah wawasan tentang wilayah karst di Indonesia, terutama kawasan pegunungan seribu. Selamat berwisata.

MUSEUM KARST  PRACIMANTORO 

GUA TEMBUS


GUA TEMBUS

GUA SODONG

GUA SODONG 

 

GUA GILAP


GUA GILAP 

GUA POTRO/BUNDER

GUA POTRO/BUNDER 

GUA/LUWENG SAPEN

GUA/LUWENG SAPEN

 


1 comment:

  1. Pragmatic Play Gaming - aprcasino.com
    Pragmatic Play is one of the top software providers in the iGaming industry and is one of the leading providers of premium slots.‎Jackpots · 카지노 사이트 가입 ‎RTP · ‎Game

    ReplyDelete